Alat Tenun

Alat tenun adalah alat atau mesin untuk menenun benang menjadi tekstil (kain). Alat tenun terdiri dari alat tenun tradisional, alat tenun bukan mesin yang dipakai untuk menenun dengan tangan manusia, serta alat tenun mesin yang dilengkapi motor penggerak. Menurut ukurannya, alat tenun tradisional dan alat tenun bukan mesin yang berukuran kecil dipakai untuk menenun sambil duduk, sementara alat tenun berukuran besar digunakan untuk menenun sambil berdiri. Orang Mesir kuno dan orang Cina kuno sudah mengenal alat tenun bukan mesin sejak 4000 SM.
Fungsi dasar alat tenun sebagai tempat memasang benang-benang lungsin agar benang pakan dapat diselipkan di sela-sela benang lungsin untuk dijadikan kain. Bentuk dan mekanisme alat tenun dapat berbeda-beda, namun fungsi dasarnya tetap sama.


Alat Tenun dibagi menjadi 2 antaranya:
1. Alat tenun bukan mesin merupakan alat untuk melakukan penenunan yang digerakkan oleh manusia. ATBM dapat dipergunakan sambil duduk (biasa pada industri tekstil kecil dan tradisional) maupun berdiri. Dalam industri tekstil besar, Alat ini tidak mungkin di gunakan.










2. Alat tenun modern merupakan alat untuk melakukan penenunan yang digerakkan oleh mesin. Alat tenun modern ini dapat digunakan di Industri besar seperti pabrik tenun sarung di daerah-daerah perkotaan. Karena alat tenun ini membutuhkan tempat yang cukup luas agar dapat berfungsi.

0 komentar: